Kamis, Januari 15, 2015

Mahasiswa Poltekkes Hijaukan Gunung Andong

MAGELANG – Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Semarang menggelar bakti sosial pelestarian lingkungan. Mereka menghijaukan Gunung Andong di wilayah Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang.
Kegiatan ini diprakarsai BEM Poltekkes Kemenkes Semarang bekerjasama dengan Satoejiwa Adventure serta”Taruna Jayagiri”. Acara ini dimaksudkan untuk memeringati Hari Kesehatan Nasional Ke-50 tahun 2014.
Presiden BEM Poltekkes Kemenkes Semarang Ana Septiana mengatakan menanam 420 bibit Damar (aghatis dommara ) dan 100 bibit pinus (pinus merkusii) di area hutan lindung Gunung Andong.
“Ini merupakan kepedulian mahasiswa Poltekkes untuk ikut membantu masyarakat yang mengalami problem lingkungan. Masyarakat sekitar Gunung Andong mengalami kesulitan air di musim kemarau karena terganggunya ekosistem,” kata dia.
Pengurus Taruna Jayagiri Sugeng Riyanto menjelaskan bahwa kegiatan penghijauan di Gunung Andong akan menjadi kegiatan rutin tiap tahun sebagai salah satu upaya menannggulangi erosi dan longsor serta untuk mempertahankan dan meningkatkan debet mata air.
“Pada saat kemarau seperti sekarang masyarakat kekurangan air. Sebetulnya ada tiga sumber mata air di lereng Andong yang diambil oleh penduduk setempat, namun debetnya sangat kecil sehingga kurang mencukupi,” imbuh Sugeng
Sebelum penanaman pohon, para peserta menerima penyuluhan dari Dinas terkait. Hal ini bertujuan memberi motivasi dan arahan teknis agar dalam penanaman dilaksanakan dengan sungguh sungguh dan dengan cara yang benar sehingga pertumbuhan tanaman bisa maksimal.
Hadir dan memberikan penyuluhan diantaranya Penyuluh Kecamatan Grabag Sundoyo dan Setyo Ardy serta petugas dari Perhutani KPH Kedu Utara, Pawit Widodo. Penyuluh Kehutanan Kecamatan Grabag Sundoyo menjelaskan bahwa kegiatan penanaman pohon merupakan salah satu upaya untuk meredam pemanasan global.
Disebutkan pemanasan global berdampak pada terganggunya ekosistem, kondisi cuaca ekstrim serta terganggunya sistem tata air padawilayah DAS (Daerah Aliran Sungai). Pada kesempatan tersebut juga dijelaskan tata cara penanaman bibit pohon yang disesuaikan dengan kondisi lahan dan peralatan yang tersedia.
source artikel : http://berita.suaramerdeka.com/mahasiswa-poltekkes-hijaukan-gunung-andong/

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Contact Us

Kampus I Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jl. Tirto Agung Pedalangan Banyumanik Semarang Kode Pos 50232
Email: whitecampus@ymail.com
Blog : www.ukmwhitecampus.blogspot.com
Twitter : @UKMWhiteCampus