Jumat, Juni 06, 2014

7 Tanda Dehidrasi



 

Met malam sobat whicamperz, jangan dikira dehidrasi hanya disebabkan cuaca panas yaa. Sobat whicamperz yang sehari-harinya berada di ruangan AC pun dapat terserang dehidrasi lhooo. Padahal dehidrasi dapat menyebabkan kinerja jantung melemah dan kurangnya aliran darah ke otak. Untuk itu cek tanda-tandanya dan segera konsumsi air putih begitu  sobat whicamperz mengalami hal ini.

Urine lebih gelap
Saat Anda kekurangan cairan, ginjal jadi menghemat pengeluaran urine sehingga urine yang dikeluarkan lebih pekat. Pengeluaran racun dari dalam tubuh pun menjadi nggak sempurna.

Sakit kepala
Bedanya dengan sakit kepala lain (seperti migrain atau vertigo), pusing saat dehidrasi mirip dengan pusing saat flu, tubuh pun jadi lemas dan malas bergerak.

Gerah melulu
Saat kandungan air di dalam tubuh Anda cukup, tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga suhu tubuh menurun dan rasa panas berkurang. Sedangkan ketika Anda dehidrasi, tubuh nggak bisa mengeluarkan panas.

Lemas
Ciri ini paling terlihat. Air, kan, membantu oksigen mengalir ke seluruh tubuh, jadi saat kandungan air di dalam tubuh berkurang otomatis tubuh Anda kekurangan oksigen. Akibatnya otot, sendi, dan saraf bekerja lebih lambat sehingga Anda seperti kurang tenaga dan mengantuk terus.

Kram perut
Kurangnya cairan menyebabkan suhu tubuh bertambah dan asam laktat meningkat sehingga otot mudah pegal. Jika nggak diimbangi dengan konsumsi air yang banyak, otot pun menjadi kram dan kaku, terutama otot perut yang berdekatan dengan ginjal.

Bau mulut
Cairan yang minim juga membuat produksi saliva berkurang sehingga mulut Anda terasa kering dan beraroma tak sedap.

Kulit kencang
Bukannya karena kulit Anda elastis atau kenyal, melainkan karena terlalu kering dan kaku karena kurangnya air di lapisan kulit. Makin lama kuit Anda akan cepat keriput, tuh.

http://www.citacinta.com/cerdas/seks.kesehatan/7.tanda.anda.dehidrasi/001/002/1154

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Contact Us

Kampus I Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jl. Tirto Agung Pedalangan Banyumanik Semarang Kode Pos 50232
Email: whitecampus@ymail.com
Blog : www.ukmwhitecampus.blogspot.com
Twitter : @UKMWhiteCampus