Selasa, November 09, 2010

Obama Akan Bantu Korban Letusan Gunung Merapi


Jakarta (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyatakan simpati dan berniat memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban letusan Gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta korban tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.
"Kami terus dukung, Amerika Serikat akan terus mengusahakan bantuan kemanusiaan dengan segala cara," kata Obama dalam bahasa Inggris ketika menggelar jumpa pers bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa malam.
Obama menyatakan, akhir-akhir ini adalah masa sulit bagi Indonesia akibat sejumlah bencana alam yang terjadi silih berganti.
Obama juga memberikan pujian kepada Presiden Yudhoyono yang telah bekerja keras untuk membantu rakyat yang menjadi korban sejumlah bencana alam itu.
Kepada para korban, Obama menyampaikan simpati dan duka cita sedalam-dalamnya. "Terimalah simpati kami," katanya.
Dia menegaskan, kehadirannya di Indonesia adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa Amerika Serikat adalah kawan yang setia bagi Indonesia.
Pada saat yang sama, Presiden Susilo Bamabang Yudhoyono mengucapkan terimakasih atas niat baik Obama dan pemerintah Amerika Serikat tersebut.
Presiden Yudhoyono mengatakan, Obama adalah figur yang mengenal Indonesia. Oleh karena itu, Yudhoyono berharap hubungan baik Indonesia-Amerika Serikat yang dilatarbelakangi kenangan sejarah itu bisa meningkatkan kualitas hidup kedua negara.
"Dengan demikian, kerja sama yang dibangun antara Indonesia dan Amerika Serikat itu bisa lebih tepat," kata Yudhoyono.
Presiden Amerika Serikat Barack Obama bersama Michele Obama, berada di Jakarta untuk melakukan kunjungan kenegaraan dan sejumlah agenda kerja lainnya.
Obama tiba di Istana Merdeka Jakarta, Selasa sore, dan langsung disambut oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono.
Belasan mobil yang tergabung dalam iring-iringan kendaraan yang mengantar Obama tiba di Istana Merdeka tepat pukul 17.00 WIB.
Setibanya di halaman samping Istana Merdeka, Obama dan Michele disambut langsung oleh Presiden Yudhoyono dan Ibu Negara.
Keempatnya tampak akrab dan saling berjabat tangan. Sesaat kemudian, keempatnya menuju teras Istana untuk upacara penyambutan.
Dengan menghadap ke arah bendera kedua negara, Presiden Yudhoyono dan Obama mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara, bersamaan dengan dentuman meriam.
Beberapa saat kemudian, Presiden Yudhoyono dan Obama memasuki ruang Kredensial di dalam Istana Merdeka dan berfoto bersama di hadapan para pewarta.
Setelah itu, Obama menghadiri pertemuan bilateral dalam format kecil, yang dilanjutkan pertemuan bilateral lebih besar dan dihadiri oleh sejumlah pejabat dari kedua negara.
Kemudian, Presiden Yudhoyono dan Obama menggelar konferensi pers bersama di halaman tengah komplek Istana Kepresidenan. Acara kemudian dilanjutkan dengan jamuan makan malam kenegaraan.
Pada Rabu, Obama akan mengunjungi Masjid Istiqlal. Dia juga dijadwalkan meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata.
Obama juga akan berpidato di Universitas Indonesia, Depok, sebelum meninggalkan Indonesia dan bertolak ke Korea Selatan untuk menghadiri pertemuan puncak G-20.
(Sumber: Antara)

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Contact Us

Kampus I Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jl. Tirto Agung Pedalangan Banyumanik Semarang Kode Pos 50232
Email: whitecampus@ymail.com
Blog : www.ukmwhitecampus.blogspot.com
Twitter : @UKMWhiteCampus